Susah Tidur

Setidaknya 4 hari terakhir ini saya mengalami susah tidur. Saya orang yang tidak suka begadang sebetulnya. Saya lebih suka tidur awal dan bangun awal. 5 Jam tidur sudah cukup bagi saya untuk kembali segar di pagi hari asalkan tidur berkualitas.

Sebenarnya pukul 10-11 malam saya sudah mematikan lampu kamar dan memejamkan mata. Tapi tidak bisa benar-benar terlelap. Perlu setengah jam untuk terlelap. Tapi tak lama kemudian mata terbuka kembali ketika jam masih menunjukkan pukul 12 malam.

Tidak enaknya, saya terbangun dalam kondisi sadar dan tidak mengantuk sama sekali. Saya paksakan tidur jelas tidak bisa. Akhirnya saya mencoba mengerjakan aktivitas lain yang agar mengantuk, seperti membaca buku, menyetrika baju, menata kamar, dsb.

Ketika sudah merasa bosan, biasanya mulai ada kantuk sedikit, di situlah saya mencoba memejamkan mata lagi. Walaupun bisa memejamkan mata, tapi tidur saya ya tidur-tidur ayam begitu. Tidur-melek, tidur-melek. Pagi hari pun kepala menjadi pusing. Susah untuk konsentrasi di kantor.

Olahraga lari yang saya lakukan di malam hari ternyata kurang manjur juga. Badan mungkin merasa lelah. Tapi entah kenapa pikiran saya malah menjadi semakin terjaga.

Saya masih mengidentifikasi penyebab saya susah tidur belakangan ini. Saya jarang sekali mengalami susah tidur sebetulnya. Sebelum ini hal yang mungkin menyebabkan saya susah tidur adalah pengaruh kopi, terlalu senang (ini sekali saja terjadi waktu pengumuman diterima di kampus idaman saya), dan kepikiran kerjaan.

Tapi biasanya hal itu tidak terjadi berturutan. Hanya semalam saja. Siangnya pun bisa tidur. Kali ini tidak. Entahlah.

*sumber gambar: WordPress Free Photo Library

Advertisements

14 thoughts on “Susah Tidur

  1. Ranger Kimi

    Barangkali olahraga di malam hari justru membuat badan jadi lebih terjaga makanya Mas jadi susah tidur? Dan katanya sih olahraga di malam hari kurang bagus sebenarnya. Aku lupa juga alasannya kenapa. 😀

    Like

    Reply
    1. otidh Post author

      Masuk akal sih kak. Soalnya sebelum olahraga itu pikiran sebetulnya sudah suntuk habis pulang kerja kan. Sudah males mikir yang berat-berat. Eh habis olahraga malah jadi seger lagi pikirannya. Padahal biasanya sih enak-enak aja tidur habis olahraga malam itu.

      Soal olahraga malam kurang bagus itu saya masih belum convinced bener sih. Soalnya banyak pertandingan bola dan badminton yang mainnya di malam hari juga. Hahaha.

      Like

      Reply
        1. otidh Post author

          Memang terpaksa sih. Tapi pemainnya bisa tetap recovery tepat waktu untuk pertandingan berikutnya kan. Jadi nggak terlalu masalah sepertinya.

          Like

          Reply
  2. SAK

    Tapi, badannya capek nggak, Mas? Kalo capek, tapi pikirannya masih seger, barangkali ada banyak hal yang Mas Dhito pikirkan 😂

    Like

    Reply
      1. SAK

        Wah, kalo pikiran dan badan tetap segar meskipun sampai tengah malam, padahal udah bekerja seharian. Fix, pikirannya harus ditenangkan, Mas :’)

        Like

        Reply
  3. DJ

    Pak, org ckp, kalau org bercinta/tgh angau yg selalunya tido tak lena, mandi x basah, makan tak kenyang ni. Hahaha jgn lupa jemput pak kalo ada majlisnya ya! Hahaha

    Like

    Reply
    1. otidh Post author

      Hahaha.. tidak tengah bercinta Dj. Tak tau la kenapa. Hahaha.. ok Dj, insya Allah nanti saya bagi jemputannya. Tak tau bila lagi. Hahaha…

      Like

      Reply
    1. otidh Post author

      Iya mbak. Tapi bener juga yg dibilang mbak Kimi di atas. Semenjak saya geser olahraga jadi pagi, saya bisa tidur normal kembali.

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s