Tugas Besar 1 Mata Kuliah Intelegensia Buatan

Akhirnya selesai juga tugas besar 1 mata kuliah Intelegensia Buatan ini. Dalam tugas besar kali ini aku sekelompok dengan teman-teman satu kontrakan minus Wafi (belum mengambil mata kuliah tersebut) plus Neo dan Aden. Topik Tugas Besar 1 ini  adalah mengenai problem solving dengan menggunakan teknik pencarian sederhana (path finding search dan constraint satisfaction problem (CSP)) untuk permainan turn-based strategy. Pembuatan modul utama dikerjakan bersama oleh perwakilan seluruh kelompok (Salutlah buat teman-teman yang sudah meluangkan diri untuk membuat modul utama ini. Keren…). Sedangkan setiap kelompok mendapatkan tugas untuk merancang sendiri-sendiri algoritma pencarian tersebut sesuai dengan strategi yang akan digunakan. Jadi untuk teknik pencarian yang sama, misal Algoritma A* (A-star), antara satu kelompok yang satu dengan kelompok yang lain akan berbeda tergantung kepada goal state yang ditentukannya. Tools yang digunakan dalam membuat permainan ini adalah Microsoft XNA 3.1 (Visual C# 2008).

Dalam permainan turn-based strategy tersebut ada dua tim yang terlibat di dalam pertandingan tersebut. Masing-masing tim dapat ditentukan komposisinya, yaitu terdiri atas 11 unit, di mana dalam tim tersebut setidaknya ada satu unit yang merupakan jenis Archer, Swordsman, Spearman, Rider, dan Medic. Selain komposisinya yang dibebaskan, algoritma yang akan digunakan dalam bertanding pun juga dapat dipilih sebelumnya. Algoritma yang harus dimiliki oleh setiap tim adalah algoritma Breadth First Search (BFS), Depth Fisrt Search (DFS), uniform cost search (UCS), Greedy, A*, dan Constraint Satisfaction Problem (CSP). Tapi saat bertanding algoritma yang digunakan hanya satu jenis saja. Aku sendiri dalam kelompokku kebagian jatah untuk merancang algoritma CSP.

Nah, setelah masing-masing kelompok telah mengumpulkan tugasnya masing-masing, menurut rencana, pekerjaan peserta kuliah Intelegensia Buatan ini akan didemokan di kelas saat kuliah tanggal 8 Maret 2010 nanti. Algoritma dan komposisi tim masing-masing kelompok akan diadu dalam sebuah turnamen round-robin di mana juaranya akan mendapatkan nilai plus-plus untuk tugas ini. Wah, menarik ditunggu nih.

Antarmuka permainan Tubes IB

Antarmuka permainan Tubes IB

4 thoughts on “Tugas Besar 1 Mata Kuliah Intelegensia Buatan

  1. otidh Post author

    sudah lama juga ya pak Iping ngajar…

    Beliau-beliau itu memang satu lab, lab grafika & inteligensia buatan (lab GAIB), pak…

    bu Masayu & bu Ulfa, beliau berdua IF’94 (kalo tidak salah)

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s