Sekilas Tentang (Unit) Wing Chun ITB

(Unit) Wing Chun di ITB ini sebenarnya mulai dirintis pada bulan Desember 2010 lalu. Wing Chun di ITB ini berafiliasi dengan perguruan Kungfu Naga Putih milik master Suwardana yang berada di kawasan Jabodetabek (Info mengenai Kungfu Naga Putih: www.naga-putih.com). Boleh dibilang di ITB ini adalah salah satu cabangnya.

Kebetulan aku berperan sebagai salah seorang perintis untuk yang di ITB ini bersama seorang teman yang menjadi koordinator utama untuk wilayah Bandung. Aku terpilih untuk ikut membantu merintis Wing Chun di ITB ini karena salah satu tim pelatih di perguruannya Master Dana tadi merupakan kakak sepupuku. Dia yang langsung minta tolong kepadaku untuk terlibat.

Akhirnya, diputuskan untuk latihan rutin di ITB setiap hari Ahad pukul 10 pagi. Rencana ke depan, aku dan teman-teman berencana menjadikan “perkumpulan” kami ini sebagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) resmi di ITB. Beberapa waktu yang lalu aku sempat bertandang ke kantor LK ITB dengan didampingin Menteri Olahraga KM-ITB 2010-2011 untuk berkonsultasi dengan salah seorang petinggi LK mengenai kemungkinan untuk membentuk UKM baru di ITB. Ternyata tidak serumit yang dibayangkan dalam membentuk UKM baru di ITB ini. Syarat-syaratnya antara lain: (1) memiliki anggota minimal 50 orang yang berasal dari minimal 2 program studi, (2) memiliki pembina yang merupakan karyawan/dosen ITB, (3) memiliki AD/ART dan struktur kepengurusan, (4) tidak serupa dengan UKM yang sudah ada, dan (5) memiliki program kerja selama setahun ke depan. Sayangnya, kami baru bisa mengajukan pembentukan UKM baru itu saat akan memasuki tahun baru, atau dalam kasus kami artinya baru pada tahun 2012 kami bisa mendaftarkan UKM Wing Chun ini.

Tapi tidak masalah. Sambil menunggu tahun 2012, kami persiapkan dulu segala sesuatunya, terutama meningkatkan jumlah anggota. Jumlah anggota (unit) Wing Chun di ITB ini sementara baru sekitar 22 orang, tapi itupun rasanya ada sekitar 5 orang yang berasal bukan dari ITB (karena latihan ini memang terbuka untuk umum sebenarnya). Masih bisalah mengumpulkan orang dua kali lipat lagi sampai akhir tahun ini.

Ini dia beberapa foto latihan dan anggota kami:

Wing Chun Style

Wing Chun Style

Anggota (unit) Wing Chun ITB dan pelatih

Anggota (unit) Wing Chun ITB dan pelatih

9 thoughts on “Sekilas Tentang (Unit) Wing Chun ITB

    1. otidh Post author

      Silakan aja mas. Latihannya tiap hari minggu jam 10 di area sekitar GKU Timur ITB. Tapi untuk minggu ini (29 Mei) akan ada ujian kenaikan tingkat, jadi kalau mau mulai, minggu depannya lagi saja.

      Biaya pendaftaran Rp125.000, per bulannya Rp75.000.

      Like

      Reply
    1. otidh Post author

      Nggak apa-apa kang. Boleh banget.😀

      Anggota kita nggak cuma anak ITB saja kok. Bahkan ada anak SMP dan SMA juga.

      Perintisnya sendiri sebenarnya juga bukan anak ITB, saya yang membantu mencarikan tempat di ITB.

      Like

      Reply
  1. iman sobirin

    kira-kira latihanya berapa jam dalam 1 hari minggu dan cuma 1 kali dalam seminggu?

    saya sangat tertarik dengan whing chun dan ingin ikut bergabung dengan whing chun naga putih.

    hari pertama langsung bayar atau tidak?

    sukses for whing chun naga putih (^_^)

    Like

    Reply
  2. Rico Ricardo Lumban Gaol

    saya rico meteorologi 2008… saya kmaren tuh (*tahun lalu sms sidhito 085722456383 kalo ga salah…tapi ga ada balasannya… dan sekarang dgn mata kuliah semakin menipis…butuh pngisi nih…dan saya juga pernah ikutan setahun yg beginian perguruan dari cina juga (*telapak sakti bhasa indonesianya…hahah)

    tolong kalau ada pelatihan lagi calling saya di twitter @ricolg atau fb http://www.facebook.com/ricolg2

    trim’s

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s