PT KA Luncurkan Kereta Api Malabar Malang-Bandung PP

Terhitung sejak 30 April 2010 nanti, PT KA akan resmi mengoperasikan kereta api jurusan Bandung-Malang. Kereta Api yang diberi nama KA Malabar (kepanjangan dari Malang-Bandung Raya) ini akan menggunakan rangkaian kereta api bekas KA Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta Gambir yang akan dihentikan operasinya tanggal 27 April 2010. Kabarnya, KA Parahyangan dihentikan karena rendahnya okupansi kereta tersebut sehingga PT KA terus merugi pada trayek tersebut. Sebelum memutuskan untuk mengubah relasi Jakarta Gambir-Bandung menjadi relasi Malang-Bandung, PT KA melakukan polling terlebih dahulu pada website resminya, dan ternyata lebih dari 90% peserta polling menyetujui rencana relasi Bandung-Malang itu. Oiya, sedikit out of topic, nama Malabar yang dipilih sebagai nama kereta api Bandung-Malang ini mengingatkanku kepada nama sebuah hutan kota di Kota Malang yang letaknya di dekat jalan Ijen.. :D

Kembali lagi. Nah, tentunya berita ini akan menjadi kabar gembira bagi warga Malang dan sekitarnya yang ingin bepergian ke Bandung, dan juga sebaliknya. Bagi pecinta kereta api seperti aku ini tentunya sangat menyambut baik dengan adanya kereta api langsung jurusan Malang-Bandung PP. Sebelumnya aku dan sebagian teman mahasiswa asal Malang yang berkuliah di Bandung biasa menggunakan jasa KA Mutiara Selatan untuk pulang kampung ke Malang, turun di Jombang kemudian oper bus Puspa Indah ke Malang.  Alternatif lainnya naik KA Mutiara Selatan turun di Surabaya oper KA Malang Ekspres (sekarang sudah dihapuskan) atau KA Ekonomi Penataran Surabaya-Malang. Pernah juga sekali-kali naik yang KA Turangga (eksekutif). Kalau mau yang jauh lebih murah, naik KA Ekonomi Kahuripan (Rp 35.000) turun di Kediri oper bus Puspa Indah (Rp 18.000) ke Malang. Tetapi yang repot itu kalau mau pergi ke Bandung-nya. Capai juga kalau harus ke Surabaya atau Jombang dulu untuk naik kereta api ke Bandung. Makanya dengan adanya kereta langsung Bandung-Malang PP ini tentu akan sangat menguntungkan.

Menurut rencana KA Malabar ini akan berangkat dari Bandung pukul 15.30 dan tiba di Malang pukul 8.11. Sebaliknya, berangkat dari Malang pukul 15.30 dan sampai di Bandung pukul 8.37.

KA Malabar ini rencananya akan tersusun atas 2 gerbong eksekutif, 3 gerbong bisnis, 2 gerbong ekonomi plus, dan 1 gerbong barang (mungkin untuk jasa titipan paket). Aneh juga komposisinya. Benar-benar komposisi gado-gado. Satu rangkaian bisa sampai terdiri atas 3 kelas gerbong berbeda. Definisi ekonomi plus ini juga baru dengar. Dulu ada sih istilah bisnis plus (pernah dipakai pada KA Gajayana di awal peluncurannya). Harga tiket kelas ekonominya tergolong sangat mahal. Mudah-mudahan pelayanan untuk penumpang kelas ekonomi plus ini sesuai juga dengan “kemahalan tiketnya”.

Hmmm…. Apakah kebijakan rangkaian dengan 3 kelas itu adalah dalam rangka mensurvei karakteristik pasar jalur Bandung-Malang. Bisa jadi, ke depannya kereta ini hanya akan terdiri dari kelas bisnis-eksekutif, eksekutif saja, atau ekonomi saja seperti kereta-kereta yang ada saat ini. Jadi penasaran. Patut disimak keberjalanannya bagaimana nantinya. Mudah-mudahan kereta api ini bisa tetap terawat dan terus melayani masyarakat kota Malang, Bandung, dan sekitarnya. Bukan MALABAR = Malah Bubar. Tanggal 30 April 2010 nanti harus datang langsung nih ke stasiun Hall Bandung untuk ikut menjadi saksi peristiwa bersejarah ini.

Oiya, selama masa promosi, tarif untuk KA Malabar ini adalah Rp 200 ribu untuk eksekutif, bisnis Rp 130 ribu, dan ekonomi Rp 80 ribu. Sesudah tanggal 15 Juni 2010, tarif akan kembali normal, yaitu Rp 220 ribu untuk eksekutif, bisnis Rp 150 ribu, dan ekonomi Rp 90 ribu. Kereta pertama akan diberangkatkan pada tanggal 30 April 2010 jurusan Bandung-Malang.

Spanduk promosi KA Malabar

Spanduk promosi KA Malabar

Dengan keberadaan KA Malabar ini tentu akan mengancam moda transportasi lain yang melayani trayek Malang-Bandung, yaitu bus malam. Harga tiket bus malam Bandung-Malang sendiri relatif mahal, terutama untuk kantong mahasiswa. harganya saat ini mencapai lebih dari 200 ribu rupiah. Bahkan saat hari raya, lonjakan harganya bisa mencapai 100%. Dengan kondisi seperti itu tentu saja masyarakat akan lebih memilih menggunakan jasa kereta api untuk bepergian karena lebih murah dan perjalana dengan kereta api lebih menyenangkan.

Peralihan: KA Parahyangan akan dialihkan menjadi KA Malabar

KA Parahyangan dialihkan menjadi KA Malabar

Sumber:
- http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2010/04/16/brk,20100416-240975,id.html
- http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/04/16/111462-ptka-hapus-perjalanan-ka-parahyangan
- http://bandung.detik.com/read/2010/04/16/130145/1339630/486/kereta-api-malabar-diskon-hingga-15-juni-2010
- Gambar: railpictures.net

About these ads

43 thoughts on “PT KA Luncurkan Kereta Api Malabar Malang-Bandung PP

    • iya mas… dengan adanya kereta langsung Bandung-Malang ini sangat memudahkan akses warga Malang yang ingin ke Bandung dan sebaliknya. Jadi, tidak perlu harus menyambung kereta lagi.

  1. kereta ini lewat n berhenti di blitar g y mas ? sangat antusias skali saya dgn kereta ini, maklum selama ini saya selalu naik bus malam blitar-bdg yg tingkat kenyamanannya sangat kurang, mulai dari pelayanan yg buruk dan copet2 yg makin nekad

    • iya mbak… berhenti di blitar juga
      seumur2 saya baru sekali naik bus malang-bandung, lebih enak perjalanan jauh dengan kereta api memang

  2. sya bersyukur dengan adanya kereta api Malabar dengan tujuan bandung – malang lewat tasikmlaya, karena saya sebulan sekali pulang ke malang, biasanya suka ke surabaya dulu atau turun jombang lalu over ke malang.
    kalau sekarang naik dari tasik bisa langsung trun malang kota, karena keluarga berada di malang, mdh2n kereta api Malabar jurusan Bandung-Malang terus berjalan dan beroperasi selamanya, amin, bukan Malah Bubar…

    • sama mas, saya jg mengalami seperti sampeyan

      skrg qta ga perlu repot2 hrs ke jombang atau surabaya lagi mas kalo mau naik KA ke bandung
      mudah2an KA Malabar ini bakal terus eksis

  3. MALABAR itu kan nama gunung di Kabupaten Bandung. Menurut aku, nama MALABAR dipakai biar orang-orang dari pelosok Kab. Bandung pun bersemangat untuk bepergian ke Malang maupun kota-kota yang dilewati KA Malabar. Semoga kereta api ini menjadi berkah bagi semua golongan yang mau bepergian dari Bandung Raya ke Malang dan sebaliknya dan bagi yang mau bepergian dari kota-kota yang dilewatinya. MALABAR = KERETA API MALANG-BANDUNG-MALANG SELALU MEMBERI MANFAAT BESAR, DAN TIDAK AKAN MALAH BUBAR.

  4. MALABAR itu kan nama gunung di Kabupaten Bandung. Menurut aku, nama MALABAR dipakai biar orang-orang dari pelosok Kab. Bandung pun bersemangat untuk bepergian ke Malang maupun kota-kota yang dilewati KA Malabar. Semoga kereta api ini menjadi berkah bagi semua golongan yang mau bepergian dari Bandung Raya ke Malang dan sebaliknya dan bagi yang mau bepergian dari kota-kota yang dilewatinya. MALABAR = KERETA API MALANG-BANDUNG-MALANG SELALU MEMBERI MANFAAT BESAR, DAN TIDAK AKAN MALAH BUBAR. THANK YOU!

    • iya kang, Malabar juga nama gunung di deket bandung sini

      yg di malang itu namanya hutan malabar juga karena ada di jalan malabar, hehehe

      yah, mudah2an KA Malabar ini akan terus melayani warga malang & bandung raya yg ingin bepergian, bukan sebagai proyek coba-coba

  5. betul…betul…betul..
    padahal saya punya rencana maw ke Bandung,
    pikir2 harus ke SBY dulu.
    tapi dengan ini jadi lebih enak..
    makasi PT.KAI

  6. Horeeee…,, selama 7 thn di Bdg, baru 3 kali aku pulang kampung ke malang. karena males kalo naek kereta harus singgah dulu di surabaya, (capeee dechh)..
    Skg aku SENAAAANNGG, dg adanya KA Malabar perjalanan ke malang pasti lbh nyaman & praktis.
    lebaran thn ini aku akan PULAAAAAAANNNNGGG..
    I Miss u Malang.. I Miss U Malang.. !!!

  7. Klo lihat jadwal berangkat n tiba berarti lebih cepat daripada bis malam, kemarin aku ke Bandung dari Arjosari pk 14.00 sampai Bandung pk. 08 lewat.

  8. @Yono

    saya jg pernah sekali naik bus malang-bandung, berangkatnya sama pukul 14.00 dari arjosari. tp waktu itu bisa sampe di bandungnya pagi sktr pk 5.30. nggak mesti sih emang mas,,
    tp kalo saya sih perjalanan jauh paling enak mmg gimana-gimana naik kereta, bisa santai, ngobrol ma org2 di sekitar kita :D

  9. koq ada kereta kelas ekonomi PLUS, maksudnya apa? apa kereta ekonomi pakai AC? kalau iya maun dong…. naik sepur kluthuk gpp asal adem

    • @mas yono yudha baskoro

      kurang tau juga sih mas maksud plus di sini apa, tapi yang jelas bukan berarti ada AC-nya. kereta yang digunakan sama seperti kereta ekonomi lainnya, hanya saja ekonomi yang ini nggak disubsidi, jadi harganya relatif mahal untuk ukuran kelas ekonomi.
      tapi dari yang saya ketahui dari pengalaman teman-teman yang udah pernah naik sih katanya di kereta ini nggak ada pedagang asongannya, termasuk di kelas ekonominya. jadinya kebersihan dan keamanan kereta itu seperti layaknya kereta bisnis/eksekutif. mungkin itu yg dimaksud ekonomi-plus

  10. apakah bisa dipesan untuk tempat duduk 6 bulan ke depan? seperti halnya tiket pesawat

    terimakasih

    • Wah, setahu saya kalau kereta api itu selama ini jangka pemesanannya paling lama itu satu bulan pak..

      kalau tiket pesawat kan bisa pesen jauh2 hari karena akan mempengaruhi harga, sementara kereta api, mau pesen tanggal berapapun harga tiketnya ya sama aja

    • Jadwal KA Malabar Bandung-Malang:

      Stasiun Datang Berangkat
      Bandung   15.30
      Kiaracondong 15.40 15.42
      Cipeundeuy 17.19 17.40
      Tasikmalaya 18.21 18.24
      Banjar 19.09 19.17
      Kroya 21.09 21.12
      Ijo 21.32 21.36
      Gombong 21.43 21.45
      Kebumen 22.04 22.09
      Kutowinangun 22.18 22.20
      Prembun 22.29 22.40
      Kutoarjo 22.55 22.59
      Wates 23.28 23.30
      Yogyakarta 23.54 23.59
      Klaten 00.24 00.26
      Solo Balapan 00.50 00.56
      Paron 02.00 02.02
      Madiun 02.27 02.37
      Nganjuk 03.27 03.30
      Kertosono 03.55 04.03
      Kediri 04.35 04.37
      Tulungagung 05.15 05.18
      Blitar 06.00 06.05
      Talun 06.27 06.31
      Kepanjen 07.33 07.35
      Pakisaji 07.47 07.51
      Malang 08.11 -
  11. tooo, kalo liat jadwal2 kereta selain di stasiun dimana ya??
    soalnya kalo di stasiun itu cuma singkat2 aja gag ada penjelasan kaya tabel tujuan keberangkatan dan berhenti2 dimana aja tuu keretaa…

  12. Alangkah bagusnya bila PT.KAI menyediakan satu rangkaian KA ekonomi tujuan malang berangkat pagi atau dengan sebuatan kereta api perjalanan siang ya, kaya KA pasundan bandung surabaya,soalnya kelas ekonomi pada malabar hanya 2 gerbong , jadi perlu ada tambahan kereta ” KA.Malabar II kelas ekonomi AC ” mantap dech…semoga PT KAI kepikiran atas usulan saya nih..
    atau KA.Kahuripan padalarang kediri diterusin sampai malang tapi perjalanannya jadi siang .

  13. Sangat kecewa setelah naik kereta ini apalagi sdh membayar harga Eksekutif. Keretanya kotor & fasilitas rendah. Tidak sesuai dg harganya. Kalau tau begitu saya naik Travel lebih murah & bisa stop lihat pemandangan. Merasa tertipu.. PT KA, mohon
    Ditinjau lagi harga & fasilitas kelas Eksekutif ini
    Poppy

    Australia

    • Iya kak. Namanya jg kereta “bekas” KA Parahyangan dulu. Eksekutifnya mmg ngga ada TV di dalemnya. Jd agak rugi juga sih sebenernya. Mending naik yg bisnis, kalo ngga mau ekonomi. :D

  14. Lho emngx rugi kah naek eksekutif malabar??
    Trz apa bedax sm bisnis??
    Lusa mau k bandung soalnya..mohon infox,,
    Thx b4 :)

    • Selama ini saya kalo naik Malabar blm pernah naik yg eksekutif sih. Tp pernah iseng-iseng nyoba liat gerbong eksekutifnya Malabar.

      Kalau dibandingin ma gerbong eksekutif kereta yg lain, misal Gajayana, Turangga, dll fasilitasnya kalahlah. Padahal harganya lumayan mahal.

      Makanya, saya pilih naik yg ekonomi atau bisnis saja. Pertimbangannya sih tarifnya lbh murah dan nyampenya pun bareng, hehe. Lagipula, setau saya di Malabar ngga ada tiket berdiri, jadi nggak akan overcapacity jg.

      CMIIW

    • Iya, lewat mas. Tarifnya sama saja seperti tarif Bandung-Malang.

      Saya kurang tahu tarif Malabar sekarang. Kalo tidak salah, yg kelas ekonomi tarifnya sekitar 100-115 ribu, bisnis 150-165rb, eksekutif 240-270rb. Kalo mau tahu pastinya mas bisa ngecek tarif kereta melalui website http://www.kereta-api.co.id.

  15. Mo nanya nih, yang bisnis itu juga sudah ada ac-nya? kalau dari segi kursi, apa beda kursi antara yg bisnis dan eksekutif? Lebih besar atau sama saja? atau jumlah kursi dlm satu gerbong yg eksekutif lebih sedikit sehingga jarak antar kursinya juga lebih jauh dibandingkan dgn yg bisnis?

    • Yang bisnis ngga pake AC mas. Kalo kursi, bedanya yg eksekutif lebih empuk :D, terus ada tempat dudukan kaki di depannya. Jadi, kalo mau selonjor, jadi enak.

      Bener… jumlah kursi di eksekutif itu lebih sedikit daripada yg di bisnis. Kalo eksekutif biasanya 50-52 penumpang, bisnis 68 penumpang. Jadi lebih longgar sih terasanya.

  16. dibandingkan dengan tiket kereta ekonomi yang lain , malabar lebih mahal yak ckckkckckck backpacker nya berat d ongkos dech ahahhahaha

  17. KALO SEANDAINYA EBERANGKATAN MALABAR BISA DIPERCEPAT JAM 2 ATAU JAM 1 MALAH LEBIH NIKMAT JADINYA KITA TIBA DI MALANG LEBIH PAGI LAGI

    • Kalau saya mah, lebih suka dari Malang-nya yg berangkatnya lebih awal biar sampai di Bandungnya bisa sekitar jam 6 pagi.

      Kalo dari Bandung, jm segitu sebenernya terlalu ‘siang’. Sebab biasanya beberapa orang masih ada urusan hingga sorenya. Jadinya, seringkali saya kalo pulang ke Malang lebih suka naik Kahuripan, sebab dari Bandung berangkatnya malam hari.

  18. I personally want to know the reasons why you named this particular blog
    post, “PT KA Luncurkan Kereta Api Malabar Malang-Bandung PP | Musafir Kehidupan”.
    Regardless I actually admired the article!I appreciate it,Julio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s